TIPS MENGHINDARI KEBOCORAN TABUNG GAS

"TOLONG, TOLONG KEBAKARAN", terdengar teriakan histeris dari tetangga depan rumah.

Kebakaran nyaris terjadi karena tabung gas yang dibelinya itu tak aman.  Kebocoran itu tak diketahuinya.
Sehingga ketika menyalakan kompor, udara yang dikelilingi gas itu dengan mudah menyambar api yang menyala.

Tips berikut ini adalah memperhatikan mengatasi kebocoran tabung gas:
1 Ada 2 hal yang sering menyebabkan kebocoran pada selang (hose) :
  • Gigitan tikus : Pada saat kita memasak jika ada percikan minyak goreng / kuah yang berbau amis mengenai selang bagian belakang kompor, dikarenakan lupa untuk langsung membersihkan dengan air sabun, maka pada saat dapur dalam keadaan sepi memungkinkan seekor tikus mencari makanan dalam dapur dan akhirnya menggigit selang yang berbau amis tersebut.
  • Selang (hose) yang retak dan bocor. Hal ini diakibatkan karena sudah termakan usia dan karena tidak ada perawatan, selang karet jika kadar airnya berkurang maka akan rapuh dan tidak lentur lagi, sehingga mudah retak, pecah bahkan patah. Jadi setiap bulan ada baiknya selang yang digunakan dikompres menggunakan serbet yang direndam air hangat dengan tujuan menjaga kelenturan selang.
NB : Cara pengecekan layak atau tidaknya selang adalah dengan cara dilengkungkan. Apabila sudah terlihat retak-retak merata dan kelihatan benang asbes warna putih di dalam, maka gantilah selang segera mungkin.

2 Kesalahan dalam pemilihan tabung pada saat pembelian (isi ulang).
  Tips-tips yang selalu harus diperhatikan dalam penggunaan tabung gas LPG :
  • Tabung yang layak digunakan bukan berdasarkan fisik luar / cat yang masih bagus, melainkan adalah tabung yang belum kadaluarsa. Anda bisa cek pada samping tabung tertera 4 digit angka berwarna putih. Contoh : 10-15, maka diartikan tabung masih layak digunakan hingga bulan Oktober tahun 2015.
  • Tabung gas bocor tidak dapat dilihat dengan kasat mata, jadi bilamana saat penggantian tabung terdapati bau gas, maka segeralah lumuri tabung menggunakan air sabun, bilamana air tersebut menggelembung, berarti tabung mengalami kebocoran. Segeralah anda melapor / mengembalikan tabung tersebut ke agen / penjual gas dimana anda membelinya.
NB : Untuk tabung ukuran 3 kg anda bisa cek kebocoran dengan merendamnya ke dalam bak air ataupun ember yang besar.

Perbedaan tabung asli dan palsu juga mudah sekali dilihat dari segi fisik. Tabung palsu terbuat dari bahan 'galvanis' dan tidak berkarat, catnya kelihatan cerah namun mudah mengelupas. Melainkan tabung asli terbuat dari bahan 'baja' dan cenderung berkarat, meskipun catnya tidak sangat cerah, tabung asli memiliki cat yang melekat kuat.

Tanda lingkar berwarna 'merah' pada bagian atas tabung merupakan tanda peringatan bahwa sekitar lingkaran merah adalah merupakan titik rawan tabung. Maka :
  • Jangan terlalu dekat dengan titik api, panjang selang adalah jarak ideal untuk mengatur jarak kompor dengan tabung.
  • Karena bahan tabung termasuk konduktor, maka jauhkan dari sumber listrik. (Paling tidak berjarak 1 meter dari saklar / stop kontak listrik).
  • Leher tabung tempat memasang regulator hanyalah sambungan drat. Maka, jangan sampai terkena benturan keras, dan jangan terdapati tekanan / beban yang berat.
  • Letakkan tabung gas pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang cukup. Juga berikan alas di bagian bawah tabung untuk mengindari proses pendinginan akibat kontak langsung dengan lantai.

  • Pada saat membuka segel, periksalah selalu "karet seal / rubber shield" atau "klep" dalam leher tabung sebelum memasang regulator.
3. Pasang alat pencegah kebocoran kebakaran:

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...