Lima Modus Penipuan terhadap Penulis Buku


Tulisan ini dikutip dari sebuah tulisan oleh Benny Rhamdani di Kompas, 2 Oktober 2013

Dunia tulis menulis hampir sama dengan dunia karier yang penuh dengan tipu-menipu.  Ada pihak-pihak lain yang ingin mengambil keuntungan dari penulis.  Sehingga tak jarang penulis akan mengalami kerugian baik itu materi, psikis maupun harga diri.

Di bawah ini adalah beberapa modus penipuan yang dilakukan kepada penulis:

Mengaku sebagai Editor Buku
Modus ini paling lazin dilakukan.  Sebagai editor, pelaku menjajikan penulis bahwa bukunya akan diterbitkan dengan syarat membayar sejumlah uang.  Untuk mengantisipasinya, cek identitas, kredibilitas editor. Sejogyanya seorang editor tak diperkenankan meminta imbalan kepada penulis.Justru penulis yang akan mendapat royalti begitu bukunya diterbitkan.

Mengaku sebagai penerbit
Banyak penerbit abal-abalan yang mengaku sebagai penerbit dengan dalih mendapatkan target mencuri naskah dari calon penulis. Meskipun tidak minta imbalan, Anda harus tetap mengecek validitas penerbit sebelum mengirim naskah, antara lain bertanya kepada sesama penulis buku.

Mengaku kenal dengan penulis terkenal
Pelaku berjanji dapat mempertemukan dengan penulis terkenal supaya Anda dapat bimbingan menulis atau bahkan berduet dalam pembuatan buku. Jangan mudah percaya sampai Anda betul langsung berhubungan dengan penulis yang dimaksud.

Mengaku sebagai agen naskah
Agen naskah biasanya meminta royalti atau uang muka royalti bila naskah diterbitkan. namun, ada kasus saat buku terbit, nama yang tercantum di sampul buku bukan nama Anda. Untuk antisipasi buat perjanjian tertulis dan detail dengan si agen berisi hak dan kewajiban penulis.

Penerbit berlaku curang
Setelah buku terbit dan terjual laris, penulis hanya mendapat sedikit royalti.
Penulis tidak pernah mendapatkan perjanjian tertulis dari penerbit. Jadi jangan mudah percaya kepada penerbit. Harus ada perjanjian tertulisnya.
  
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...