MENGENAL SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK: FINLANDIA

Patut diacungi jempol karena sistem pendidikan Finlandia mampu menyediakan layanan pendidikan ramah anak, tetapi juga tetap membuat anak siap menghadapi kehidupan masayarakat berbasis pengetahuan  yang menjadi tantangan abad ke-21. Finlandia diakui dalam pencapai internasional di bidang perdagangan, teknologi, pembangunan berkelnajutan, pemerintahan yang baik, dan kemakmuran.

Pasi Sahlberg, ahli sistem pendidikan Finlandia dan penulis buku Finnish Lessons, menyatakan, reformasi pendidikan FInlandia yagn berjalan sekitar 40 tahun yang lalu secara bertahap membuahkan hasil. Cara yang ditempuh Finlandia dianggap menarik dan unik karena agak berbeda dari negara-negara lain dalam mereformasi pendidikan.

Semangat reformasi pendidikan Finlandia bukan untuk membuat sistem pendidikan terbaik di dunia. Mereka hanya menyediakan sistem sekolah yang hebat bagi semua anak. Namun, dunia dapat melihat reformasi pendidikan di Finlandia mencapai hasil yang baik.

Dalam penilaian international yang dilakukan Organization for Economic Cooperation and Developement, Finlandia berada di urutan negara yang terbaik di dunia. Menjadi nomor satu.  Ukurannya adalah diukur dari kemampuan siswa dalam matermaika,sains dan membaca

Caranya:
Dalam buku Finnish Lessons, sistem pendidikan yang dikembangkan di banyak negara saat ini gagal menciptakan kesempatan belajar yang setara untuk semua anak. Langkah umum dyang dilakukan di banyak negara adalah untuk mentransformasi pendidikan umum, mengetatkan pengawasan sekolah, memperkuat akuntabilitas hasil belajar siswa, memecat guru yang buru, menutup sekolah yang bermasalah.
Finlandia menawarkan alternatifi lain,  meningkatkan kekuatan pengajaran, membatasi test siswa seminim mungkin, mengutamakan tanggung jawab sebelum akuntabilitas, serta mendukung kepemimpinan sekolah dan dinas pendidikan di level daerah untuk menjadi profesional di bidang pendidikan.

Guru, profesi terhormat:
Prinsip kesetaraan layanan pendidikan untuk semua anak tentu tidak mudah.  Penerapan di dalam kelas snagat bergantung kemampuan guru kareana ada beragama anak dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.   Para guru memastikan anak yang berbeda tetap mampu mencapai hasil belajar yang baik. Hal ini membuat kesenjangan hasil pendidikan di berbagai daerah di Finlandia tidak besar.

Bravo  Sistem Pendidikan yang sangat mendukung anak dan guru!

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...