“MOBIL TEPAT BISNIS MELESAT”


Nonton Indonesia International Motor Show 2013 di TV bagaikan suatu tonton yang menakjubkan untuk dunia otomotif.   Mengapa?  Aku terkesima dengan foto-foto dari model mobil yang futuristik  yang sanggup untuk memberikan kenyamanan, keamanan yang serba mewah, ditampilkan dalam pameran itu.



"Luar biasa,, hebat",  itu komentarku.   Mobil yang futuristik dan mahal.  Sungguh menggagumkan.   Namun, apabila  pengunjung yang datang dapat mengamati lebih jauh apa kebutuhan mobil yang paling tepat untuk dibelinya,maka terdapat tawaran yang cukup menarik mobil-mobil murah di sana.
Tak disangkal banyaknya polemik soal mobil murah akani  membuat  jalanan lebih macet. Banyak pendapat soal polemik itu. Tapi ternyata di antara mobil murah yang telah diuji oleh pabriknya itu teruji dalam kondisi low green cost dan  mobil murah ramah lingkungan (LCCG).

Buat  kita yang butuh mobil untuk keluarga  sekalian untuk bisnis,  mencari mobil yang tepat haruslah menjadi tujuan utamanya.  Jika tujuannya mencakup untuk keluarga sekalian bisnis, maka yang dipikirkan adalah harga mobil dan fitur mobil tak perlu yang canggih serta biaya perawatan yang tak perlu mahal.   Untuk mendapatkan ketiga syarat itu, kita perlu berburu mencari harga dan fitur mobil murah yang telah diprogramkan oleh Kebijakan Pemerintah.  Mobil murah dan subisidi oleh pemerintah dalam segi pajaknya.

Mobil bukanlah suatu asset yang produktif atau investasi yang menguntungkan.  Jika kita beli mobil baru dengan harga katakan Rp.90 juta.  Lalu empat tahun kemudian, kita ingin menjualnya kembali, maka harga jual itu pasti turun .  Kemungkinan bisa menjadi Rp.70-Rp.75 juta.  Merugi jika mobil hanya dipakai untuk keperluan konsumsi saja.  Oleh karena itu kita perlu mencari  solusi agar mobil itu juga dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan sebelum dijual. Orientasi mobil murah yang diproduksi salah satu produsen, PT. Astra Daihatsu, adalah untuk ekspor.  Jumlah produksinya yang tinggi dan biaya yang dapat ditekan membuat keuntungan perusahaan itu tetap tinggi.  Hal ini membuat saham Astra yang memiliki anak perusahaan PT.Astra Daihatsu, tetap tinggi. Pada akhirnya, konsumen pembeli akan tetap untung dengan harga jual yang tak jatuh.



Mendapat keuntungan dari membeli mobil harus diperhitungkan.  Bagaimana caranya mendapatkan keuntungan itu?
Mencari harga murah , seperti dalam program Pemerintah, masih ada subsidi  pajak maupun BBM.
Dengan harga mobil murah, otomatis cost atau biaya investsi bisnis menjadi murah.  Bisnis yang dapat digunakan untuk mobil murah misalnya rental mobil,  antar jemput anak sekolah,  dipakai untuk berjualan makanan.  Sebagai contoh  Daithatsu  Gran Max.  Mobil merek ini diproduksi oleh PT. Astra Daihatsu mempunyai segmen pasar minibus dan pickup kecil. Sangat cocok untuk bisnis .



Inilah keuntungan yang paling diharapkan oleh pembeli.  Jika perawatan mobil sangat mahal makan bisnis yang kita jalani tidak cukup untuk mengcover keuntungan dari  tingginya biaya perawatan mobil.

Nach, pilihan tetap kepada konsumen.  Tetapi menjadi konsumen bijak, memilih mobil yang tepat dan bisnis kita tetap lancar harus menjadi pedoman kita dalam membeli dan memiliki mobil yang sangat kita idamkan.


 Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba Blog Sekar  : "MOBIL TEPAT BISNIS MELESAT”


Sumber referensi:



Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...