INDUSTRI KREATIF

Cimahi, telah dikukuhkan sebagai kawasan kreatif animasi dan filim oleh Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hata setahun yang lalu.

Event dunia yang sangat bergengsi yaitu "Cimahi Creative Association(CCA),  diikuti 33 sutdio animasi dan film.  Satu studio dikerjakan oleh 30 orang dan sebagian besar adalah anak-anak muda.

Walt Disney Singapore sangat mendukung pengembangan animasi di Indonesia,dengan menyediakan magang gratis selama sebeluma di SIngapore.  Diharapkan para animator makin berkiprah di dunia internasional.

Perkembangan animasi di Indonesia, sedikit pelaku kreatif yang membuat cerita yang bagus untuk dianimasikan dengan karakter Indonesia, baik dalam sisi cerita maupun gambar bergeraknya.

Saat ini animator Indonesia masih belum memenuhi standar kebutuhan kerja di bidang animasi.
Dibutuhkan animator yang diaku sebagai pemegang  intellectual property (IP) atas karya mereka.
Tibalah saatnya para animator untuk menatap ke depan untuk bersaing dengan pihak asing, untuk memilik IP sendiri, beridiri diatas kai sendiri, mampu bersaing dengan pihak asing, mengusung satu branding "Indonesia Kreatif".

Roh ekonomi kratif adalah kebudayaan. Konten produk animasi Jepang,Korea,China atau malaysia mempromosikan kebudayaan mereka. Jangan sampai genrasi mengalami flux generation, generasi yang kehilangan nilai , makan dan identitas.

Ekonomi kreatif bermula dari aktivitas budaya yang menghasilkan produk budaya berupa barang dan jasa.
Inti pengembangan dari ekonomi kreatif adalah menghormati keberagaman budaya.  Hal ini merupakan hak asasi manusia yang memiliki kebebasan dalam berekspresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...