EMPATI MEMBUAT MAKIN KREATIF DI DUNIA KERJA

Artikel singkat di Kompas Minggu, sangat menarik dan bermanfaat. Dikejutkan dengan penemuan terbaru yaitu dalam dunia kerja, kreativitas dan inspirasi dapat muncul karena adanya empati atau perhatian kepada kebutuhan orang lain.

 Adam Grant dari University of Pennysylavnia’s Wharton School dan James Berry dari University of North California telah menemukan bahwa motivasi internal berkaitan dengan pencapaian level kreativitas yang lebih tinggi ketika seseorang memiliki kemauan untuk melihat sesuatu dari perspektif orang lain. Salah satu penelitian telah melibatkan 90 pekerja yang diminta untuk mengisi angket yang berisi pertanyaan untuk mengukur motivasi internal : apakah anda menikmati pekerjaan (untuk mengukur motivasi internal) ; apakah anda ingin membantu orang lain dengan pekerjaan anda? (untuk mengukur motivasi sosial.

 Hasilnya adalah sembilan bulan kemudian atasan mengevaluasi pekerjaan mereka berdasarkan kreativitasnya. Ditemukan bahwa pekerja dengan motivasi internal yang tinggi dapat mencapai kreativitas yang lebih jika meka juga memiliki motivasi sosial yang tinggi.

Hal ini membuktikan dan logis dalam ranah desain, empati adalah akar untuk membuat sesuatu yang sesuai dengan pesanan klien. Ketika kita mengganti perspektif kita dengan perspektif klien, kita pun akan semakin mengerti apa yang mereka inginkan. Seorang desainer memberikan pelayanan meliputi empati, banyak bertanya, menguji ide, dan selalu bertanya-tanya apakah karya sudah benar-benar relevan dengan kebutuhan orang yang memesan. Terus berekspolorasi hasil pun akan lebih memuaskan klien.

Seorang penyanyi pun , perlu kreativitas dalam menyelesaikan lagu. Kreativitasnya muncul pada saat imajinasinya mendengarkan apa pendapat orang lain tentang karyanya, anak berumur 5 tahun, kakaek berusia 70 tahun, perempuan paruh baya 40 tahun. Ia selalu ingin tahu bagaimana reaksi mereka ketika mendengarkan lagunya. Empati membuat relasi menjadi luas. Namun, leibh dari itu, empati menjadi lensa yang relevan untuk membantu memahami keinginan orang lain dalam ranah bisnis dan kreativitas.

2 komentar:

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...