MEMASAK ITU , GAMPANG ATAU SULIT?

Judulnya kok aneh yach?  Betul, bagi saya seorang yang tidak pernah memasak di dapur sejak SMA hingga bekerja, memasak merupakan satu keping uang, sisi yang satu sulit,  sisi yang lain  gampang.

Kenapa tidak pernah memasak? Alasan utamanya, memang tidak hobby sama sekali. Ketika SMA, sering bantu di dapur ibu, hanya melakukan potong memotong, tapi tidak sampai memasak.  Ada pembantu yang telah ahli masak. Diserahkan saja.

Nach, sekarang saya ingin cerita mengapa memasak jadi kesulitan saya?  Pertama adalah karena memang tidak hobby,  yang kedua saat masuk dapur, rasanya panas sekali, tidak betah,  dan yang ketiga adalah saat itu memasak belum jadi kebutuhan saya karena ada pembantu atau  perawat anak yang pintar masak.  Buat saya memasak jadi momok dan jika bisa menghindari, kenapa tidak.

Lalu, satu persatu, perawat anak yang pertama dan kedua yang pintar masak, sudah tidak bekerja lagi di rumah saya.  Saya mendapat pembantu yang sangat jago masak.  Tinggal order pengin makan ini, langsung dia ke pasar dan masak. Selama hampir 9 tahun bersamanya, saya sangat keenakan tak pernah masak di dapur.  Namun,  akhir tahun yang lalu, dia jatuh sakit yang cukup berat, tak mampu bekerja lagi.  Saya sangat sedih karena tak ada lagi yang memasakan buat saya dan suami. Tapi juga sedih sekali karena kehilangan dirinya.

Saya masih juga bertahan untuk tidak memasak dengan beli makanan via catering.  Coba catering pertama, kurang higenis dan banyak makanan santan. Kami sudah mengurangi makanan mengandung santan. Jadi terpaksa ganti catering yang lain.  Catering yang lain pun  kurang cocok dengan lidah kami.Selera berbeda.

Apa boleh buat saya terpaksa masuk dapur untuk memasak.  Pertama kali memasak, bukan main hebohnya.  Malamnya sudah catat semua bahan yang akan dimasak dari resep.yang dilihat di google,  kedua cari di youtube cari cara memasaknya.   Besok paginya menyiapkan semuanya di dapur, ternyata apa yang dilihat di youtube kadang-kadang kelihatan mudah tinggal ikutin saja, tak semudah itu.  Sebagai contoh untuk membuat sup yang enak, kaldu yang enak seharusnya pakai tulang, tapi saya hanya memakai cakar ayam. Hasilnya kurang memuaskan.
Soto buatan sendiri

Setelah berexperimen selama hampir 8 bulan, saya mulai terbiasa untuk masuk ke dapur. Memasak adalah suatu kebutuhan dan pilihan, jadi saya tak lagi anggap sebagai kesulitan.  Memang tetap tak menyukai memasak yang sulit, tapi ternyata jika yang mau praktis pun cukup gampang.

Inilah sebagai tips pemula bagi ibu-ibu yang baru mulai memasak seperti saya:

  • Buat Menu dari Senin-Minggu agar kita tak bingung untuk membeli bahan-bahan ke pasar tiap harinya.
  • Carilah resep praktis dan mudah :  saya menyukai resep yang sangat sederhana untuk bisa memasak, contoh  di Kumpulan detik Food    atau  Resep sederhana
  • Carilah cara memasak dari  Google  atau Youtube . Contoh memasak Fuyunghai secara sederhana
  • Siapkan semua bahan yang akan dimasak di dapur sebelum memasaknya
  • Siapkan bumbu-bumbu:  tips praktis untuk bumbu-bumbu , membeli yang segar di pasar modern, biasanya ada tukang bumbu. Saya punya langgangan Uni untuk bumbu. Tinggal order apa yang akan dimasak, katakan rendang, maka dia akan buatkan bumbunya.
  • Menambah wawasan memasak dari belajar Cooking Class (klik ini)
  • Sering ikut belanja kuliner agar kita juga mengenal beberapa masakan praktis dari daerah lain
Happy cooking!

Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba One Day One Article

3 komentar:

  1. memasak sebenarnya mudah mak kalo kitanya niat hehe apalagi memasak sendiri lebih hemat dan terjamin daripada beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tuh... semua karena niat hehe kalau uda niat segala sesuatu bakal jadi mudah apalagi kalau ada motivasinya :D

      wikimodis

      Hapus

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...