PEREMPUAN SOSOK DIBALIK LAYAR KEHIDUPAN


Perempuan bukan hanya dihargai apabila dia bisa melakukan kerja dobel, sebagai ibu rumah tangga dan pekerja.  Tetapi secara historis kita perlu mengetahui kenapa perempuan itu dihargai sejak zaman kejayaan “Kerajaan Majapahit hingga hari ini”.    Terngiang apa yangdikatakan oleh pekik Patih Gajah Mada :  “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya baru akan meninggalkan puasa.”   Artinya pekikan yang bergema keras itu, dia mengeluarkan nada yang menyokong seulurh langkah dan peranan di balik kekuasaan Patih Gajaha Mada, dialah Gayatri Rajapatni, putri Kertanegara, Raja Singasari, menjadi salah satu istri raja Majapahit Pertama.

Peran perempuan yang bernama Gayatri itu  sangat penting dalam dunia Kerajaan Majapahit.  Wataknya yang agung sehingga seluruh keturunan menjelma pemimpin besar sedunia yang tidak ada tandingannya.  Putri, menantu, dan cucu menjadi raja dan ratu. Dialah yang menjadikan mereka penguasa dan mengawasi semua tindak tanduk

 Gayatri yang belum banyak terungkap namanya, merupakan penasethat sekaligus guru spiritual bagi pemimpin Majapahit termasuk patih Gajah Mada hingga akhir hayatnya. Dari tangannya, dia mewarisi kecantikannya Ken Dedes.

Relevansinya dengan posisi perempuan saat ini, sosok Gayatri ini menjadi panutan bagi semua perempuan di Indonesia baik itu segi kepimpinannya, penanaman karakter , nilai pendidikan dan hidup kepada generasi penerusnya.

Perempuan Indonesia sekarang ini bukan hanya disibukkan sebagai pendamping suami dalam hal pendapatan keluarga, tetapi juga lentera yang menyala terus bagi perkembangan tumbuh anak yang mencakup penanaman nilai kehidupan. 

Tantangan perempuan di abad-21 kian kompleks, perubahan nilai hidup yang membawa kaum ibu harus bekerja dalam berbagai hal. Kehidupan keluarga, bekerja, berkarya hingga menjadi seorang manajer keuangan domestik yang handal.

Di arena domestik, rutinitas harian tak bisa dilepaskan dari kesehatan prima.  Pola hidup yang sehat , menekankan gizi seimbang, istirahat cukup, olahraga, menjadi kunci agar semua kegiatan ibu dapat berjalan baik.

Kesehatan menjadi investasi hidup untuk kesuksesan di tengah kesibukan yang berbagai macam. Melengkapi berbagai informasi kesehatan, informasi untuk keperluan anak dan, informasi finansial untuk menapaki dekade yang penuh dengan perubahan.

Sosok ibu, memang mengundang banyak decak kagum dari semua anak-anaknya, bahkan ada yang merasa kehilangan ketika anak-anak itu berangkat dewasa untuk menikah.  Ibu memang tak pantas ditinggalkan karena tak bisa dicari dan digantikan dengan siapa pun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...